Peran Ketua Takmir dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Islam di Masjid Nurul Hadi Barepan Klaten
Abstract
Penelitian ini hadir dilatar belakangi transisi struktur kepengurusan
masjid, dilandasi dua tahun berdirinya masjid yang sebelumnya berstatus
sebagai mushola. Perlu diketahui bahwa masjid merupakan pusat segala
kegiatan bagi umat muslim dan dapat menjadi sarana pengembangan
dakwah untuk menciptakan makhluk yang berilmu, bertaqwa dan
berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran dan
mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat ketua takmir dalam
meningkatkan mutu pendidikan Islam di masjid Nurul Hadi Barepan Klaten.
Serta seberapa jauh pengaruh ketua takmir dalam meningkatkan mutu
Pendidikan Islam yang diperoleh oleh jamaah dan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif (field research).
Penelitian ini menekankan pada penelitian lapangan. Tempat penelitian
berada di Masjid Nurul Hadi barepan, Geneng, Karangduren, Kebonarum,
Klaten, Jawa Tengah 57486. Sedangkan pengumpulan data menggunakan
(purposive sampling) teknik pengambilan sampel sumber data dengan
pertimbangan tertentu seperti orang tersebut dianggap paling tahu tentang
apa penelitian kita harapkan. Mengambil informan penelitian meliputi
ketua takmir, ketua RW, tokoh masyarakat dan jamaah. Teknik
pengumpulan data penelitian memakai teknik observasi, wawancara dan
dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data
(data reduction), data display (penyajian data) dan conclusion drawing
atau verification yaitu penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu program-program yang
dilaksanakan ketua takmir diantaranya pengajian umum, majelis taklim,
yasin dan tahlil dan taman pendidikan al-qur’an. Peran ketua takmir sangat
penting dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam pada jamaah, serta
faktor pendukung dan penghambat menjadi acuan untuk ketua takmir dalam
meningkatkan mutu pendidikan Islam agar lebih baik lagi dan juga menjadi
bahan evaluasi dikemudian hari.
Collections
- Islamic Education [863]