Permainan Simulasi Bisnis dalam Pembelajaran Erp: Suatu Analisis Information Systems Success (Iss) Model
Abstract
Dalam beberapa tahun terakhir, Sistem Permainan Simulasi Bisnis (BSGs) telah
muncul sebagai alat pendidikan penting di bidang pendidikan tinggi, khususnya di
bidang bisnis dan manajemen. Universitas Islam Indonesia, yang khususnya
Fakultas Ekonomi jurusan Manajemen, telah menjalin kerjasama dengan SAP
University Alliance sejak tahun 2009 dan secara resmi mengintegrasikan Enterprise
Resource Planning (ERP) sebagai mata kuliah wajib dalam kurikulum. Namun,
pembelajaran di kelas belum tentu memberikan pemahaman komprehensif tentang
sistem ERP dan penerapannya dalam proses bisnis dunia nyata. Untuk mengatasi
kesenjangan ini, universitas telah memperkenalkan permainan simulasi bisnis
berbasis ERP sebagai sarana untuk meningkatkan pengalaman belajar. Fokus
penelitiannya adalah pada mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah ERP
dan aktif terlibat dengan permainan simulasi bisnis. Sampel penelitian terdiri dari
612 responden mahasiswa yang memenuhi kriteria tersebut. Analisis data pada
penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda yang dilakukan dengan
menggunakan program Smart PLS 3.0. Temuan penelitian ini menyoroti bahwa
kualitas sistem, kualitas informasi, dan kesesuaian model realitas memberikan
pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna terhadap Game simulasi bisnis.
Sebaliknya, kualitas layanan tidak menunjukkan dampak signifikan terhadap
kepuasan pengguna. Selain itu, kualitas layanan, kualitas sistem, dan kesesuaian
model realitas berkontribusi positif terhadap niat untuk menggunakan kembali
permainan simulasi bisnis, sedangkan kualitas informasi tidak menunjukkan efek
serupa. Selain itu, kualitas layanan, kualitas sistem, dan kualitas informasi
berpengaruh positif terhadap kemudahan pengguna Game simulasi bisnis,
sedangkan kesesuaian model realitas tidak memainkan peran penting dalam hal ini.
Collections
- Akuntansi [4426]