Show simple item record

dc.contributor.authorAulia, Dinda
dc.date.accessioned2024-03-25T05:31:04Z
dc.date.available2024-03-25T05:31:04Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48563
dc.description.abstractTikTok merupakan salah satu sosial media yang paling banyak diminati di Indonesia, khususnya pada generasi Z. Keberagaman fitur dan konten yang ditawarkan serta kemudahan dalam mengakses aplikasi tersebut dapat menjadikan penggunanya rentan untuk mengalami kecanduan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa faktor internal dan eksternal, seperti kecenderungan perilaku narsistik dan konformitas pada diri individu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecenderungan perilaku narsistik dan konformitas terhadap perilaku kecanduan TikTok pada generasi Z di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan simple random sampling. Partisipan (N=217) melakukan pengisian kuesioner skala TAS (TikTok Addiction Scale) dan GNS (Grandiose Narcissism Scale) yang telah melalui proses back-to-back translation, expert judgement dan modifikasi, serta skala konformitas. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kecenderungan perilaku narsistik dan konformitas terhadap kecanduan TikTok, sehingga hipotesis diterima. Hasil uji analisis juga menunjukkan bahwa kedua variabel bebas mempengaruhi variabel terikat secara simultan (bersama-sama).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGenerasi Zen_US
dc.subjectKecanduan TikToken_US
dc.subjectKonformitasen_US
dc.subjectPerilaku Narsistiken_US
dc.titlePengaruh Kecenderungan Perilaku Narsistik dan Konformitas Terhadap Perilaku Kecanduan Tiktok Pada Generasi Z di Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19320252


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record