Pengaruh Kecenderungan Perilaku Narsistik dan Konformitas Terhadap Perilaku Kecanduan Tiktok Pada Generasi Z di Indonesia
Abstract
TikTok merupakan salah satu sosial media yang paling banyak diminati di Indonesia,
khususnya pada generasi Z. Keberagaman fitur dan konten yang ditawarkan serta
kemudahan dalam mengakses aplikasi tersebut dapat menjadikan penggunanya
rentan untuk mengalami kecanduan. Hal tersebut dapat disebabkan oleh beberapa
faktor internal dan eksternal, seperti kecenderungan perilaku narsistik dan
konformitas pada diri individu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kecenderungan perilaku narsistik dan konformitas terhadap
perilaku kecanduan TikTok pada generasi Z di Indonesia. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan simple random sampling. Partisipan
(N=217) melakukan pengisian kuesioner skala TAS (TikTok Addiction Scale) dan
GNS (Grandiose Narcissism Scale) yang telah melalui proses back-to-back
translation, expert judgement dan modifikasi, serta skala konformitas. Hasil uji
hipotesis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara
kecenderungan perilaku narsistik dan konformitas terhadap kecanduan TikTok,
sehingga hipotesis diterima. Hasil uji analisis juga menunjukkan bahwa kedua
variabel bebas mempengaruhi variabel terikat secara simultan (bersama-sama).
Collections
- Psychology [2174]