Evaluasi Performa Konversi Motor Listrik Honda C70 Berjenis Mid Drive Terhadap Variasi Beban Pengendara Untuk Peningkatan Kinerja Motor Listrik
Abstract
Kendaraan bertenaga listrik adalah kendaraan yang memanfaatkan motor DC
sebagai penggeraknya dan menggunakan energi listrik sebagai sumbernya yang
disuplai melalui baterai. Kendaraan listrik memiliki tingkat efisiensi yang paling
tinggi dibandingkan dengan kendaraan mesin bakar konvensional. Pada mesin
bakar sebagian besar dari energi yang dihasilkan terbuang menjadi energi panas,
gerak dan gesekan komponen dan hanya sebagian kecil yang dapat dikonversikan
menjadi energi kinetik penggerak kendaraan. Sepeda Motor Bertenaga Listrik
memiliki konstruksi mesin yang sangat sederhana yang terdiri dari baterai,
kontroler dan motor penggerak. Motor yang dibutuhkan yaitu motor yang memiliki
efisiensi tinggi, torsi yang tinggi, kecepatan yang tinggi dan dapat divariasikan,
serta ditunjang oleh biaya perawatan yang rendah. Tujuan dari tugas akhir ini
adalah menganalisis dan mengkonversi sepeda motor berbahan bakar bensin motor
Honda C70 menjadi bertenaga listrik ramah lingkungan yang sesuai dengan
kebutuhan dari beberapa faktor yang ada pada sistem penggerak tersebut dan
memenuhi standarisasi yang telah ditentukan di pasaran Indonesia. Hasil penelitian
menunjukan perbedaan nilai top speed yang dipengaruhi berat badan responden.
Pada kedua kondisi, top speed terus mengalami peningkatan seiring berkurangnya
berat badan responden, terlihat top speed terbesar terjadi pada saat responden
dengan berat badan hanya 47 kg dapat memperoleh kecepatan 52 km/jam. Hal ini
menunjukan adanya pengaruh kondisi berat badan responden terhadap top speed
motor listrik, dimana pada berat badan responden yang besar dibutuhkan daya lebih
besar. Untuk mendapatkan daya yang lebih besar dibutuhkan nilai berat badan yang
lebih rendah, sehingga hasil top speed akan lebih besar. Semakin besar berat badan,
top speed yang dihasilkan juga akan semakin kecil.
Collections
- Mechanical Engineering [559]