Show simple item record

dc.contributor.authorJannata, Irsyad
dc.date.accessioned2024-03-21T03:52:56Z
dc.date.available2024-03-21T03:52:56Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48511
dc.description.abstractSepeda adalah sarana transportasi yang murah, menyehatkan, dan ramah lingkungan. Selain sebagai alat transportasi, sepeda juga digunakan sebagai alat olahraga. Meningkatnya pengguna sepeda di era modern saat ini, membuat banyak pengusaha sepeda modifikasi rumahan bermunculan. Pengusaha sepeda modifikasi rumahan melakukan proses pengujian rangka sepeda yang modifikasi hanya melakukan pengujian sederhana tanpa melakukan pengujian yang telah ditetapkan beberapa industri tentang kelayakan rangka sepeda. Sehingga dengan masalah tersebut memunculkan ide untuk membantu para pengusaha tersebut untuk membuat suatu alat uji sepeda. Proses perancangan dan pembuatan prototipe alat uji fatigue rangka sepeda pada bagian head tube mengacu pada standar ISO 4210- 6. Perancangan alat uji menggunakan sistem kendali elektro-pneumatik. Pengujian dilakukan sebanyak 100.000 siklus dengan 20 kali tahapan, dimana satu kali tahapan sebanyak 5.000 siklus untuk satu silinder pneumatik. Dari hasil pengujian didapatkan hasil bahwa rancangan dan sistem kendali alat uji fatigue rangka sepeda pada bagian head tube bisa berjalan dengan lancar sebanyak 100.000 siklus mengacu pada standar ISO 4210-6.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectSepedaen_US
dc.subjectFatigueen_US
dc.subjectRangkaen_US
dc.subjectISO 4210-6en_US
dc.titlePerancangan Dan Pembuatan Prototipe Alat Uji Fatigue Rangka Sepeda Pada Bagian Head Tubeen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19525068


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record