Show simple item record

dc.contributor.authorMuchlisin, Nur
dc.date.accessioned2024-03-21T01:53:38Z
dc.date.available2024-03-21T01:53:38Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48495
dc.description.abstractPerkembangan usaha ritel berdampak pada persaingan antara para pelaku usaha ritel menjadi semakin ketat baik ritel yang sudah lama berdiri maupun ritel yang baru dirintis. Pertambahan jumlah penduduk yang banyak menjadi salah satu faktor yang berpotensi pada usaha ritel di Indonesia semakin berkembang. Jumlah penduduk yang besar juga berpengaruh pada perilaku pembelian konsumen itu sendiri. Keputusan pembelian seseorang salah satunya dipengaruhi oleh display produk. Pengelolaan display yang baik berpengaruh pada kemudahan menemukan barang dan menghemat waktu pencarian barang. Display produk juga berpengaruh pada keputusan konsumen yang tiba-tiba membeli produk meskipun tidak begitu memerlukannya. Minggir adalah salah satu ritel yang menjual berbagai kebutuhan pokok. Dalam peletakan produknya masih terdapat beberapa produk dengan kategori yang sama diletakan dalam rak yang saling berjauhan. Hal ini dapat menambah waktu konsumen untuk menemukan barang yang akan dibelinya. Selain itu juga terdapat kategori produk dengan perbedaan jenis antara food dan non food diletakan dalam satu rak yang sama. Hal ini dapat berpengaruh dari segi estetika di mata konsumen itu sendiri. Penelitian ini menggunakan Association Rule – Market Basket Analysis (AR-MBA) yang bertujuan untuk mengetahui pola pembelian konsumen Minggir Mart berdasarkan data transaksi penjualan dan melakukan tata letak usulan yang dapat diimplementasikan menggunakan Activity Relationship Chart (ARC) dan Total Closeness Rating (TCR) berdasarkan pola pembelian konsumen tersebut. Hasil penelitian diperoleh 21 aturan asosiasi antar kategori yang terbentuk dari 26 kategori produk yang telah ditentukan dengan nilai minimum support 30% dan minimum confidence 40%. Usulan perbaikan tata letak berdasarkan hubungan aturan asosiasi antar kategori menghasilkan tata letak dengan kedekatan kategori “Toiletries”, “Beras-tepung-gula”, “Snack” dan “Drink”. Hasil rekomendasi tata letak yang diusulkan memberikan efisiensi jarak sebesar 57,89% sehingga konsumen dapat berbelanja lebih cepat karena jarak antar produk yang sering dibeli konsumen letaknya berdekatan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAssociation Rules-Market Basket Analysisen_US
dc.subjectRitelen_US
dc.subjectTata Letaken_US
dc.titleRedesain Tata Letak Minggir Mart Berdasarkan Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Association Rules-market Basket Analysisen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17522170


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record