Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Cosmetic Wardah melalui Attitude Terhadap Produk Halal dan Kepercayaan sebagai Mediasi (Studi kasus: Mahasiswa/I Perguruan Tinggi di D.I Yogyakarta)
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia,
ditambah dengan pertumbuhan permintaan produk halal yang menunjukkan tren
positif. Akibatnya banyak terjadi Persaingan pada pasar industri kosmetik yang
semakin kompetitif. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya jenis kosmetik
yang beredar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Cosmetic
Wardah. Penelitian ini dilakukan pada Mahasiswa Perguruan Tinggi Universitas
Islam Indonesia, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Gadjah
Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Atma Jaya Yogyakarta dan
Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Jumlah responden pada penelitian ini
berjumlah 270 responden. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah
Partial Least Square Modeling (PLS-SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukan
adanya pengaruh langsung Label Halal, Attitude terhadap produk halal, Kualitas
Produk, Brand Ambassador, Kepercayaan, dan Harga terhadap Keputusan
Pembelian Cosmetic Wardah. Label Halal dan Religious memiliki pengaruh positif
dan signifikan terhadap Attitude terhadap Produk halal. Kualitas Produk
berpengaruh positif dan sihnifikan terhadap Kepercayaan. Serta Religious yang
memili hubungan negatif dengan Keputusan Pembelian Produk Cosmetic Wardah,
Brand Ambassador tidak memiliki pengaruh terhadap Kepercayaan dan Uang Saku
tidak memiliki pengaruh terhadap Keputusan Pembelian Produk Cosmetic Wardah.
Hasil penelitian ini juga menunjukan adanya pengaruh Label halal dan Religious
melalui Attitude terhadap Produk Halal serta Kualitas Produk terhadap Pembelian Produk Cosmetic Wardah Melalui Kepercayaan dan tidak adanya pengaruh Brand
Ambassador terhadap Keputusan Pembelian Produk Cosmetic Wardah melalui
Kepercayaan.