Pendidikan Karakter Perspektif Wahid Hasyim dan Implementasinya Pada Santri di Pesantren Tebuireng
Abstract
Pendidikan Karakter Perspektif Wahid Hasyim dan implementasinya pada
Santri di Pesantren Tebuireng adalah sebuah upaya penelitian yang mendalami dan
mengupayakan arti Pendidikan karakter. Penting untuk diterapkan oleh santri dan
bagi generasi pada umumnya. Dalam hal ini melihat Wahid Hasyim sebagai tokoh
lalu sebagai satuan Pendidikan pesantren santri di Pesantren Tebuireng
mengimpliementasikan sebagai nilai dalam Pendidikan karakter. Penelitian ini
menggunakan metode kualitataif lapangan. Narasi deskriptif ditambah melakukan
observasi langsung ke santri Pesantren Tebuireng dengan wawancara tokoh dan
santri secara langsung. Menelaah berbagai literatur untuk melihat keteladan
karakter dari Wahid Hasyim. Teknik yang dikembangkan adalah snowball atau
Teknik bola salju dalam pengumpulan hasil wawancara dan observasi secara acak.
Ditemukanlah bahwa Pendidikan karakter yang diteladankan dan menjadi gagasan
Wahid Hasyim diantaranya adalah keteladan karakter keilmuan yang kuat,
kebangsaan, dan kebahasaan yang mumpuni untuk mengusai berbagai Bahasa
sebagai bekal perjuangan. Dan hal lain ditemukan bahwa Wahid Hasyim mampu
memadukan KeIslaman dan KeIndonesiaan sebagai sebuah gagasan dan ketaladan
berharga bagi santri. Terkait implementasinya bagi santri di Pesantren Tebuireng
mengalami dinamika dan perkembangan zaman, santri sangat merawat tradisi
keilmuan Islam melalui pengasuhan yang ketat, tetap mengedepankan nilai
kebangsaan sebagai karakter kuat, juga santri dibekali dan diberi kesempatan untuk
menguasai bahasa asing selain bahasa Arab sebagai bekal mereka untuk membekali
santri bersaing di mana saja. Memadukan KeIslaman dan KeIndonesiaan jadi
warisan luhur yang mencirikan santri di Pesantren Tebuireng.