Show simple item record

dc.contributor.authorPutra, Refi Permana
dc.date.accessioned2024-03-18T03:28:34Z
dc.date.available2024-03-18T03:28:34Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48404
dc.description.abstractSeiring dengan pertumbuhan pasar teknologi, laptop menawarkan beragam spesifikasi yang luas, mulai dari harga terjangkau dengan kinerja standar hinga opsi mahal dengan kinerja yang cukup tinggi. Fenomena ini menciptakan overchoise, dimana konsumen dihadapkan pada berbagai alternatif yang beragam. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2019 Universitas Islam Indonesia sejumlah 68 orang sebagai sampel. Seringkali mahasiswa mengalami kesulitan dalam membuat keputusan pembelian laptop yang konsisten dengan kebutuhan akademik mereka. Informasi positif yang berlimpah menyebabkan kebingungan dan kesulitan dalam memilih laptop yang sesuai. Kebingunan ini menghasilkan disonansi kognitif, yang mempengaruhi pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang membentuk terjadinya disonansi kognitif pada mahasiswa dalam membeli sebuah laptop dengan melibatkan aspek emosional, wisdom of purchase, dan concern over deal. Berdasarkan hasil yang telah didapatkan. Memiliki laptop memberikan manfaat bagi mahasiswa. Disonansi kognitif memiliki pengaruh terhadap kepuasan dalam pembelian sebuah laptop. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh kepuasan dan preferensi pengguna terhadap laptop. Pada teknik analisis menggunakan analisis faktor dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tidak merasa takut dalam membeli sebuah laptop untuk kuliah di Program Studi Teknik Industri Universitas Islam Indonesia, pada aspek wisdom of purchase menunjukkan bahwa mahasiswa merasa sangat membutuhkan membeli laptop, dan aspek concern over deal menujukkan bahwa mahasiswa yang membeli laptop merasa tidak tertipu saat memutuskan dalam membeli laptop untuk kuliah di Program Studi Teknik Universitas Islam Indonesia, sehingga didapatkan bahwa mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2019 mengalami disonansi kognitif berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa laptop dengan spesifikasi Intel/AMD/M, RAM 8 GB, 500 GB dan laptop spesifikasi Intel/AMD/M, RAM 16 GB, 500 GB yang mengalami pengaruh variabel pada setiap dimensi yang di uji serta yang memengaruhi kepuasan dan preferensi pengguna terhadap laptop yang dibeli oleh mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2019 di Universitas Islam Indonesia.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Faktoren_US
dc.subjectAnalisis Regresien_US
dc.subjectDisonansi Kognitifen_US
dc.titlePengaruh Disonansi Kognitif Terhadap Pembelian Laptop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Indonesia)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19522290


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record