Pengaruh Disonansi Kognitif Terhadap Pembelian Laptop (Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Seiring dengan pertumbuhan pasar teknologi, laptop menawarkan beragam spesifikasi
yang luas, mulai dari harga terjangkau dengan kinerja standar hinga opsi mahal dengan
kinerja yang cukup tinggi. Fenomena ini menciptakan overchoise, dimana konsumen
dihadapkan pada berbagai alternatif yang beragam. Subjek penelitian ini adalah
Mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2019 Universitas Islam Indonesia sejumlah 68
orang sebagai sampel. Seringkali mahasiswa mengalami kesulitan dalam membuat
keputusan pembelian laptop yang konsisten dengan kebutuhan akademik mereka.
Informasi positif yang berlimpah menyebabkan kebingungan dan kesulitan dalam
memilih laptop yang sesuai. Kebingunan ini menghasilkan disonansi kognitif, yang
mempengaruhi pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang
membentuk terjadinya disonansi kognitif pada mahasiswa dalam membeli sebuah laptop
dengan melibatkan aspek emosional, wisdom of purchase, dan concern over deal.
Berdasarkan hasil yang telah didapatkan. Memiliki laptop memberikan manfaat bagi
mahasiswa. Disonansi kognitif memiliki pengaruh terhadap kepuasan dalam pembelian
sebuah laptop. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh
kepuasan dan preferensi pengguna terhadap laptop. Pada teknik analisis menggunakan
analisis faktor dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa tidak
merasa takut dalam membeli sebuah laptop untuk kuliah di Program Studi Teknik Industri
Universitas Islam Indonesia, pada aspek wisdom of purchase menunjukkan bahwa
mahasiswa merasa sangat membutuhkan membeli laptop, dan aspek concern over deal
menujukkan bahwa mahasiswa yang membeli laptop merasa tidak tertipu saat
memutuskan dalam membeli laptop untuk kuliah di Program Studi Teknik Universitas
Islam Indonesia, sehingga didapatkan bahwa mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2019
mengalami disonansi kognitif berdasarkan hasil analisis regresi menunjukkan bahwa
laptop dengan spesifikasi Intel/AMD/M, RAM 8 GB, 500 GB dan laptop spesifikasi
Intel/AMD/M, RAM 16 GB, 500 GB yang mengalami pengaruh variabel pada setiap
dimensi yang di uji serta yang memengaruhi kepuasan dan preferensi pengguna terhadap
laptop yang dibeli oleh mahasiswa Teknik Industri Angkatan 2019 di Universitas Islam
Indonesia.
Collections
- Industrial Engineering [2225]