Show simple item record

dc.contributor.advisorDrs. Aden Wijdan SZ, M.Si
dc.contributor.authorHakim, Muhammad Faisyal Lukmanul
dc.date.accessioned2017-12-08T15:26:11Z
dc.date.available2017-12-08T15:26:11Z
dc.date.issued2017-03-16
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/4838
dc.description.abstractPenelitian ini betujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran mata pelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahu seberapa jauh efektivitas pendekatan saintifik dalam pembelajaran dan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan saintifik dalam pembelajaran mata pelajaran PAI. Penelitian ini memfokuskan pada proses pelaksanaan pendekatan saintifik dalam pembelajaran mata pelajaran PAI di kelas XI MAN yogyakarta I. m proses bejalannya kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode angket, metode observasi, metode dokumentasi. Subjek pada peneiitian ini adalah siswa kelas XI MAN yogyakarta I yang berjumlah 40 orang, sementara umtuk metode dokumentasi dilakukan dengan menganalisis RPP yang telah dibuat oleh guru mapel PAI kelas XI. Analisis data yang digunanakan adalah analisis descriptive statistic frequences dengan bantuan program SPSS 17.0 for windows. Hasil peneilitian menunjukan bahwa pelaksanaan pendekatan saintifik di kelas XI MAN 1 Yogyakarta berjalan dengan baik. Dalam artian kegiatan pertama diawali dengan mengamati yang mana guru menyajikan materi dengan atau tanpa media. Selanjutnya kegiatan bertanya diisi dengan tanya jawab terkait materi. Kegiatan mengeksplorasi diisi dengan pembentukan kelompok dan setiap kelompok diminta mencari data dari berbagai sumber sesuai dengan tema. Kegiatan mengasosiasi diisi dengan mengolah data yang telah didapat. Terakhir siswa diminta untuk mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan kretivitas mereka masing-masing. Satu hal yang pasti setiap mata pelajaran menggunakan model pembelajaran yang sama yaitu diskusi kelompok dan tidak ada variasi. Sementara untuk melihat efektivitas pelaksanaan pendekatan saintifik dilihat berdasarkan hasil belajar yang didapat oleh siswa di kelas diperoleh nilai varian sebesar 9.384. Ini menunjukan perbedaan pandangan siswa tentang proses pelaksanaan pendekatan saintifik dan efektivitasnyaid
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaid
dc.subjectefektivitasid
dc.subjectpendekatan saintifikid
dc.subjectmetode pembelajaranid
dc.titleEfektivitas Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas XI MAN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2015/2016id
dc.typeUndergraduate Thesisen_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record