Show simple item record

dc.contributor.authorNegara, Warih Pangesti Kusuma
dc.date.accessioned2024-03-18T01:36:38Z
dc.date.available2024-03-18T01:36:38Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48386
dc.description.abstractPenelitian ini membahas mengenai pemenuhan hak atas informasi konsumen terhadap ketidaksesuaian harga pada rak dengan struk belanja di Alfamart. Jenis penelitian ini merupakan hukum normatif, tujuan penelitian yakni ntuk menganalisa bagaimana pemenuhan hak atas informasi konsumen terhadap ketidaksesuaian harga pada rak dengan struk belanja di pelaku usaha dan untuk menganalisa bagaimana tanggungjawab pelaku usaha sebagai pelaku usaha atas kerugian konsumen akibat ketidaksesuaian harga pada rak dengan struk belanja. Metode pendekataan yang digunakan adalah undang-undang. Sumber data yang diperoleh melalui bahan hukum berupa data primer yaitu pengumpulan data yang dilakukan melalui basis studi kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah pertama, hak atas informasi belum terpenuhi karena pelaku usaha masih cenderung mengabaikan kewajibannya dalam memenuhi hak-hak konsumen untuk mendapatkan informasi yang benar, jujur, dan jelas sesuai dengan kondisi barang yang diperjual-belikan sesuai pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kedua, pelaku usaha mengabaikan hak konsumen di mana Ketika terdapat perbedaan harga yang tertera pada rak dan pada struk belanja yang diberlakukan adalah harga pada struk belanja yang lebih mahal sesuai pasal 19 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectHak Atas Informasien_US
dc.subjectPerlindungan Konsumenen_US
dc.subjectTanggung Jawab Pelaku Usahaen_US
dc.titlePemenuhan Hak Atas Informasi Konsumen Terhadap Ketidaksesuaian Harga Pada Rak dengan Struk Belanja di Alfamarten_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19410125


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record