Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Brand Image, dan Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Jam Tangan (Studi Kasus pada Produk Woodka)
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang dari pengguna internet di Indonesia yang sangat tinggi.
Hal tersebut dimanfaatkan oleh salah satu perusahaan merek jam tangan kayu lokal
Woodka untuk melakukan bisnis fashion online dengan tujuan untuk meningkatkan
keputusan pembelian pada produknya. Meskipun Woodka telah bertahan sejak didirikan
pada tahun 2013, perusahaan ini masih berusaha untuk tetap bersaing dengan strategi
baru. Woodka memiliki strategi baru untuk tetap bertahan pada persaingan bisnisnya pada
awal tahun 2023, yaitu dengan melakukan peningkatan ulasan positif pada e-commerce
shopee, peningkatan pengenalan brand image, dan perbaikan pada social media
marketing yang dilakukan melalui instagram mereka. Namun diketahui jumlah penjualan
Woodka belum mencapai target yang diinginkan serta masih kalah dengan para
pesaingnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh electronic word
of mouth (e-wom) terhadap keputusan pembelian, brand image terhadap keputusan
pembelian, dan social media marketing terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai bahan pengumpulan data
dengan jumlah sampel 150. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrumen, uji
asumsi klasik, dan uji hipotesis, dengan bantuan IBM SPSS 24. Hasil dari penelitian ini
adalah (1) electronic word of mouth (e-wom) tidak berpengaruh signifikan terhadap
keputusan pembelian (2) brand image tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian (3) social media marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan
pembelian.
Collections
- Industrial Engineering [2224]