Determinan Nilai Perusahaan dengan Managerial Ownership sebagai Variabel Moderasi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi nilai
perusahaan dengan managerial ownership sebagai variabel moderasi. Teori yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Stakeholder Theory, Signalling Theory dan
Agency Theory. Penelitian ini menggunakan data sekunder berasal dari laporan
keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia tahun
2017-2021. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive
sampling. Pengujian data pada penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS
dengan software SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai
perusahaan; kebijakan dividen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan;
profitabilitas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan; fraudulent financial
reporting tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dan managerial ownership
tidak memoderasi hubungan antara pengungkapan CSR, kebijakan dividen,
profitabilitas dan fraudulent financial reporting terhadap nilai perusahaan.
Implikasi dari penelitian ini adalah hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai
pertimbangan oleh penerintah atau regulator dalam menegaskan penerapan
kebijakan pengungkapan CSR dan menambah pengetahuan calon investor dalam
memilih perusahaan untuk menanamkan modalnya.
Collections
- Akuntansi [4399]