Show simple item record

dc.contributor.authorBillah, Salman Mu’tasim
dc.date.accessioned2024-03-14T02:54:58Z
dc.date.available2024-03-14T02:54:58Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48289
dc.description.abstractProyek Pembangunan Jembatan Jalan Lingkar Utara Tasikmalaya (Jembatan Ciloseh) direncanakan menggunakan pondasi tiang bor diameter 1,5 m dengan jumlah tiang 18 dalam satu kelompok dan kedalaman 24 m. Tujuan dari penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui kapasitas dukung pondasi dan penurunan yang terjadi jika menggunakan alternatif diameter. Dengan demikian manfaat penelitian ini yaitu dapat mengetahui cara menganalisis kapasitas dukung dan penurunan pada pondasi tiang Bored Pile. Perencanaan pembangunan pondasi tiang bor akan menggunakan alternatif diameter yaitu 0,8 m, 1 m, 1,2 m, dan 1,5 m dengan kedalaman tiang 20 m. Perancangan pondasi tiang bor yang dilakukan yaitu dengan metode statis yaitu metode Meyerhoff dan Reese & Wright dengan berdasarkan hasil uji SPT. Setelah perhitungan telah selesai peneliti melakukan validasi menggunakan program PLAXIS 2D V.20. Hasil analisis kapasitas dukung kelompok tiang bor metode Meyerhoff diameter 0,8 m, 1 m, 1,2 m, 1,5 m (kedalaman tiang 20 m), diperoleh masing-masing sebesar 176367,28 kN, 187743.86 kN, 192859.04 kN, dan 196074.15 kN. Sedangkan Reese & Wright diperoleh masing-masing sebesar 144840.50 kN, 144996.50 kN, 157539.71 kN, dan 155654.39 kN. Hasil penurunan kelompok tiang menggunakan metode teoritis pada alternatif dimensi untuk metode Meyerhoff yaitu 0,8 m, 1 m, 1,2 m, dan 1,5 m (kedalaman tiang 20 m) masing-masing sebesar 0,068 m, 0,061 m, 0,062 m, dan 0.047 m. Untuk Reese & Wright masing-masingisebesarn0.078 m, 0,064 m, 0,054 m dan 0.050 m. Hasil pengecekan ulang menggunakan program PLAXIS 2D V.20 didapatkan hasil kapasitas dukung pondasi tiang bor dan penurunan lebih besar dari pada metode teoritis.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKapasitas Dukungen_US
dc.subjectPondasi Tiangen_US
dc.subjectPenurunanen_US
dc.subjectMeyerhoffen_US
dc.subjectReese & Wrighten_US
dc.titleKajian Ulang Desain Struktur Bawah Pier 4 dengan Pondasi Bored Pile pada Jembatan Jalan Lingkar Utara Tasikmalaya (Jembatan Ciloseh)en_US
dc.title.alternativeReview of the Design of the Bottom of Pier 4 Structure With Bored Pile Foundations on The Tasikmalaya North Ring Road Bridge (Ciloseh Bridge)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19511142


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record