Analisis Pengaruh Social Media Marketing dan Celebrity Endorsement Terhadap Minat Beli (Studi Kasus: Kolektif Collaboraction Space)
Abstract
Persaingan bisnis pada era globalisasi yang semakin dinamis, kompleks, dan penuh
ketidakpastian tidak hanya memberikan peluang tetapi juga tantangan. Pada era yang serba
digital saat ini pemanfaatan media sosial dilakukan sebagai salah satu bentuk strategi
marketing. Pemasaran media sosial digunakan untuk terlibat dengan pelanggan di platform
sosial online di mana pelanggan secara alami menghabiskan waktu. Kolektif merupakan salah
satu pelaku bisnis yang menggunakan pengaruh social media untuk meningkatkan rate dari
produk yang mereka hasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pada
variabel social media marketing dan celebrity endorsement terhadap minat beli pada Kolektif
Collaboraction Space. Penelitian ini dilakukan dengan metode regresi linear berganda yang
memanfaatkan kuesioner sebagai bahan pengumpulan data dengan Teknik purposive sampling.
Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini membuktikan bahwa variabel social media
marketing memberikan pengaruh yang signifikan, memiliki hubungan sangat kuat dan positif
terhadap minat beli. Selain itu variabel celebrity endorsement memberikan pengaruh signifikan,
memiliki hubungan kuat dan positif terhadap minat beli.
Collections
- Industrial Engineering [2225]