Hubungan Antara Dzikir dan Kecemasan Akademik pada Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empirik hubungan antara dzikir dan
kecemasan akademik pada siswa SMA. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat
hubungan negatif antara dzikir dan kecemasan akademik pada siswa SMA. Desain
penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Pengambilan data dilakukan
menggunakan kuesioner google form secara luring yang diberikan kepada 157
siswa pada salah satu SMA Negeri di Kabupaten Pati kelas X hingga kelas XI.
Alat ukur yang digunakan pada penelitian ini adalah Kecemasan Akademik yang
dikembangkan oleh Ishtifa (2011) yang menggunakan aspek dari Holmes dan
Skala Kualitas Zikir (ZQS) yang dikembangkan oleh Rusdi (2018). Uji hipotesis
dilakukan menggunakan teknik Spearman Correlation. Hasil uji hipotesis
menunjukkan terdapat hubungan negatif antara dzikir dan kecemasan akademik
dengan nilai p = 0.000 (p < 0,05) dan nilai r sebesar -0.342.
Collections
- Psychology [2270]