Show simple item record

dc.contributor.authorAdryan
dc.date.accessioned2024-03-13T02:25:11Z
dc.date.available2024-03-13T02:25:11Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48186
dc.description.abstractTeknologi adalah suatu jaringan komputer yang terdiri atas berbagai komponen pemrosesan informasi yang menggunakan berbagai jenis hardware, software, manajemen data, dan teknologi jaringan informasi. Dimulai dari era penggunaan alat sederhana oleh manusia hingga evolusi pesat teknologi pada abad ke-20, membawa penemuan-pernemuan seperti laptop yang menjadi integral dalam kehidupan sehari-hari. Laptop telah merevolusi cara kita bekerja, belajar, dan berinteraksi dengan dunia. Dari sejarahnya pada tahun 1981 dengan IBM 5150 hingga pengenalan model-model portabel, seperti Sony VAIO, kita melihat evolusi ukuran, performa, dan kemampuan komputasi laptop. Teks juga menggarisbawahi pentingnya Machine Learning dalam memproses data. Di sini, model Random Forest digunakan untuk menganalisis data laptop dari berbagai merek. Dari hasil analisis, merek Asus mendominasi data, dengan spesifikasi layar 14 inch, penyimpanan 1000GB, dan jenis penyimpanan SSD yang umum. Rata-rata harga laptop Asus adalah Rp 6,191,081, dengan kisaran harga antara Rp 3,049,000 hingga Rp 8,999,000. Hasil penelitian menggunakan 400 pohon dan pengaruh dari processor, mode, storage, layar, merk, dan tipe dengan 346 data dari situs pricebook, membantuk sebuah model dengan tingkat akurasi 85.5% dan RMSE sebesar 1040399.9. Penelitian juga menunjukkan bahwa melalui metode Random Forest dengan tuning hyperparameter, nilai akurasi model meningkat dari 85.5% menjadi 85.91%. Berdasarkan variabel importance, processor merupakan variabel dengan kepentingan terbesar yang mampu mempengaruhi prediksi harga laptop bekas dengan nilai 0.52. Hasil analisis ini memberikan pemahaman mendalam tentang pasar laptop, preferensi konsumen, dan faktor-faktor yang memengaruhi keputusan pembelian. Diharapkan bahwa pemahaman ini dapat membantu industri dalam strategi pemasaran dan pengembangan produk yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectLaptopen_US
dc.subjectRandom Forest Regressionen_US
dc.subjectDecesion Treeen_US
dc.titlePrediksi Harga Laptop menggunakan Algoritma Random Forest (Studi Kasus : Harga Laptop pada https://www.pricebook.co.id/laptop)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19611010


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record