Show simple item record

dc.contributor.authorEssa, Dimaz Abdillah Daud
dc.date.accessioned2024-03-08T04:00:47Z
dc.date.available2024-03-08T04:00:47Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48140
dc.description.abstractLatar Belakang: Transisi dari pendidikan preklinik menuju pendidikan klinik merupakan permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa kedokteran. Program transisi dibuat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Predik merupakan program transisi yang diselenggarakan oleh FK UII untuk mempersiapkan mahasiswa sebelum memasuki pendidikan klinik. OSCE digunakan untuk mengevaluasi mahasiswa setelah menjalani Predik. Tujuan Penelitian: Mengetahui korelasi antara nilai OSCE Predik dengan performa rotasi klinik pada mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional lintas potong dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 yang mengikuti Predik periode tahun 2019 dan telah menjalani dua stase pertama. Sampel diperoleh dengan menggunakan metode total population sampling. Sebanyak 158 mahasiswa diikutkan dalam penelitian ini. Metode analisis yang digunakan adalah Uji Korelasi Pearson dan/atau Spearman rank. Hasil: Nilai OSCE Predik berkorelasi dengan nilai mini-CEX (r=0.192, p < 0.05), nilai tutorial klinik (rs=0.316, p < 0.05), dan nilai journal reading (rs=0.167, p < 0.05) stase pertama. Nilai OSCE Predik tidak berkorelasi dengan nilai proses dan nilai akhir stase kedua.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTransisien_US
dc.subjectPendidikan Kliniken_US
dc.subjectKorelasien_US
dc.subjectOSCEen_US
dc.titleKorelasi Antara Nilai Osce Predik dengan Performa Rotasi Klinik pada Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19711066


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record