Korelasi Antara Nilai Osce Predik dengan Performa Rotasi Klinik pada Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia
Abstract
Latar Belakang: Transisi dari pendidikan preklinik menuju pendidikan klinik
merupakan permasalahan yang dihadapi oleh mahasiswa kedokteran. Program
transisi dibuat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Predik merupakan
program transisi yang diselenggarakan oleh FK UII untuk mempersiapkan
mahasiswa sebelum memasuki pendidikan klinik. OSCE digunakan untuk
mengevaluasi mahasiswa setelah menjalani Predik.
Tujuan Penelitian: Mengetahui korelasi antara nilai OSCE Predik dengan
performa rotasi klinik pada mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Fakultas
Kedokteran Universitas Islam Indonesia.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional lintas
potong dan menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Fakultas Kedokteran
Universitas Islam Indonesia. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa angkatan
2015 yang mengikuti Predik periode tahun 2019 dan telah menjalani dua stase
pertama. Sampel diperoleh dengan menggunakan metode total population
sampling. Sebanyak 158 mahasiswa diikutkan dalam penelitian ini. Metode
analisis yang digunakan adalah Uji Korelasi Pearson dan/atau Spearman rank.
Hasil: Nilai OSCE Predik berkorelasi dengan nilai mini-CEX (r=0.192, p < 0.05),
nilai tutorial klinik (rs=0.316, p < 0.05), dan nilai journal reading (rs=0.167, p < 0.05)
stase pertama. Nilai OSCE Predik tidak berkorelasi dengan nilai proses dan nilai
akhir stase kedua.
Collections
- Medical Education [2279]