Implementasi Strategi Membangun Branding Sekolah dalam Rangka Meningkatkan Trust di SMP N 2 Prambanan
Abstract
Sekolah harus senantiasa meningkatkan kualitas layananan pendidikan kepada
peserta didik untuk mengimbangi perkembangan zaman yang berubah dengan
cepat. Animo masyarakat dalam memasukkan anak ke sebuah lembaga sekolah
juga mengalami pasang surut, untuk itu agar sekolah tetap memiliki daya tarik di
masyarakat diperlukan adanya strategi branding yang menampilkan keunggulan
sekolah. Peningkatan layanan pendidikan juga berpengaruh terhadap branding
yang dilakukan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Prambanan yang
bertujuan untuk mengetahui strategi branding sekolah serta upaya peningkatan
layanan pendidikan di sekolah tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah
deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data berupa obervasi, wawancara
serta dokumentasi. Tehnik analisa data dengan menerapkan prinsip análisis data
pada penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah
berupaya meningkatkan kualitas layanan pendidikan yang nampak pada pada
peningkatan delapan standar pendidikan nasional, selain itu sekolah ini
menampilkan branding sekolah wisata literasi. Konsep wisata literasi digagas
untuk meningkatkan literasi siswa dan juga berupaya memberikan eduaksi pada
setiap orang yang masuk ke área sekolah dengan menampilkan poster berisi
tulisan yang edukatif pada setiap dinding bangunan di sekolah.