Show simple item record

dc.contributor.authorIbrahim, Muchammad Yusuf
dc.date.accessioned2024-03-07T08:41:17Z
dc.date.available2024-03-07T08:41:17Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48124
dc.description.abstractPendidikan karakter menempati posisi krusial dalam pendidikan Islam sebab merupakan bagian dari tujuan pengutusan Nabi Muhammad saw. Permasalahan dekadensi moral pada hari ini telah menyisakan pertanyaan terhadap bagaimana sebenarnya pendidikan di Indonesia berjalan. Pendidikan Nasional kita seharusnya bertujuan pada lahirnya generasi yang cerdas dan baik sebagaimana tercantum dalam UU SISDIKNAS Tahun 2003 No. 20. Hasan Al Banna dan Abdul Kahar Mudzakkir adalah tokoh penting pendidikan Islam modern yang berusaha mengimplementasikan tujuan tersebut walaupun tidak banyak mendapat sorotan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengungkap konsep pendidikan karakter dalam perspektif Hasan Al Banna dan integrasinya dengan pemikiran Abdul Kahar Mudzakkir serta menghasilkan butir rekomendasi penerapannya di Universitas Islam Indonesia. Metode penelitian ini adalah kualitatif library research dengan pendekatan grounded theory yang berisifat deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Hasan Al Banna memiliki konsep pendidikan karakter yang komprehensif menjangkau seluruh aspek manusia yaitu: akal, fisik, rohani dan karakter yang dirangkum dalam 10 karakter muslim, dan konsep Hasan Al Banna ternyata dapat diintegrasikan dengan pemikiran pendidikan karakter Abdul Kahar Mudzakkir di Universitas Islam Indonesia yaitu menghadirkan pribadi ulil albab yang Insan Kamil dalam bentuk butir-butir rekomendasi penerapan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPendidikan Karakteren_US
dc.subjectHasan Al Bannaen_US
dc.subjectAbdul Kahar Mudzakkiren_US
dc.subjectUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.titleKonsep Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Hasan Al Banna dan Abdul Kahar Mudzakkir Serta Penerapannya di Universitas Islam Indonesiaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM21913044


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record