Show simple item record

dc.contributor.authorFuadi, Muhammad
dc.date.accessioned2024-03-07T04:52:16Z
dc.date.available2024-03-07T04:52:16Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48094
dc.description.abstractAl-Qur’an adalah kalam Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad melalui perantara Malaikat Jibril dan membacanya bernilai ibadah. Dalam membaca Al-Qur’an, kita harus terlebih dahulu mempelajari ilmu tajwid dengan baik agar dapat membaca Al-Qur’an dengan fashih dan benar sesuai dengan tuntunannya. Pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti yang diterapkan di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta ada yang berbeda, yaitu memasukan pembelajaran Al-Qur’an di dalam materi pembelajaran. Setelah melalui observasi, akhirnya peneliti ingin mengembangkan model pembelajaran yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswanya. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kualitas kelayakan, penerapan, dan keefektifan penggunaan produk pengembangan model pembelajaran ADRI untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas X di SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Produk model pembelajaran ADRI telah memenuhi kualitas kelayakan sesuai dengan hasil uji kecil ahli media dan ahli materi. Penilaian ahli model pembelajaran 70 (layak) dan ahli materi 78,46 (layak). Rata-rata hasil penilaian ahli sebesar 74,23 (layak). (2) Penerapan model pembelajaran ADRI selama proses pembelajaran berlangsung para siswa merasa antusias, senang, gembira dan bersemangat serta siswa memberikan respon yang baik sealam proses pembelajaran berlangsung. (3) Model pembelajaran ADRI efektif digunakan dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Tingkat keberhasilan tersebut di peroleh dari hasil penilaian acuan patokan. Rata-rata siswa mendapatkan nilai 75,35%. Dengan minimal penilaian acuan dari sekolah yaitu 70. Kemampuan membaca Al-Qur’an siswa meningkat setelah mengikuti model pembelajaran ADRI.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectModel Pembelajaranen_US
dc.subjectKemampuan Membaca Al-Qur’anen_US
dc.subjectADRIen_US
dc.titlePengembangan Model Pembelajaran Adri untuk meningkatkan Kemampuan Membaca Al-qur’an Pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X di Smk Tamansiswa Jetis Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM21913105


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record