Analisis Disonansi Kognitif Masyarakat Dusun Cijorong dalam Memilih Menggunakan Operator Telepon Seluler Indosat Ooredoo
Abstract
Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) merupakan perusahaan telekomunikasi digital dan
internet dengan memiliki visi dan misi menjadikan Indosat ooredo sebagai
telekomunikasi tervaforit didunia dengan jaringan menyeluruh hingga ke pelosok agar
dapat menghubungkan masyarakat Indonesia. Pada awal tahun 2021, Indosat Ooredo
melakukan pemasangan antena sektoral 3 sektor pada tower base transceiver station
(BTS) di Dusun Cijorong dengan tujuan untuk menambah pancaran dan menerima sinyal
lebih baik daripada sebelumnya. Hal tersebut dilakukan karena pada tahun 2020 tepatnya
di bulan maret Indonesia dihadapkan dengan kasus covid-19 yang mengakibatkan
perubahan Signifikan terhadap kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh masyarakat,
salah satunya ialah di dunia pendidikan dan pekerjaan dimana para pelajar/mahasiswa
beserta gurunya dituntut untuk melakuan belajar mengajar secara daring dan para pekerja
dituntut untuk melakukan aktivitas pekerjaanya di rumah masing masing (work from
home) secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat faktor
disonansi kognitif yang mempengaruhi masyarakat Dusun Cijorong dalam menggunakan
operator telepon seluler Indosat Ooredoo serrta untuk mengetahui faktor apa sajakah yang
mengakibatkan terjadinya disonansi kognitif terhadap masyarakat Dusun Cijorong dalam
menggunakan operator telepon seluler Indosat Ooredoo. Pembentukan disonansi kognitif
diukur menggunakan 3 variabel yaitu dimensi emotional, wisdom of purchase, dan
concern over deal dengan menggunakan analisis faktor. Serta dilakukan uji validitas dan
reliabilitas data yang sudah dihimpun dari kuesioner disonansi kogntif. Hasil penelitian
menunjukan bahwa faktor yang paling berpengaruh untuk masing masing faktor meliputi
tidak merasa kesal pada faktor emotional, untuk faktor wishdom of purchase masyarakat
sangat merasa membutuhkan operator seluler Indosat Ooredoo, serta pada faktor concern
over deal masyarakat berpendapat bahwa tidak tertipu, tidak merasa melakukan
kebodohan, dan tidak merasa mengalami kebingungan saat memilih menggunakan
Operator Seluler Indosat Ooredo.
Collections
- Industrial Engineering [2235]