Pemaknaan Pembelajaran terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran bermakna
dengan kesiapan kerja mahasiswa Universitas swasta Islam di Yogyakarta.
Hipotesis pada penelitian ini adalah adanya hubungan positif antara pembelajaran
bermakna dengan kesiapan kerja pada mahasiswa Universitas swasta Islam di
Yogyakarta. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif
dengan desain penelitian korelasional. Responden penelitian ini berjumlah 92
mahasiswa Universitas swasta Islam di Yogyakarta. Alat ukur yang digunakan
dalam penelitian ini adalah Work Readiness Scale yang disusun oleh Sagita serta
MeLearn (Meaningful Learning) Scale yang disusun oleh Ghazali. Hasil penelitian
ini menunjukkan bahwa ada hubungan positif yang signifikan antara pembelajaran
bermakna dan kesiapan kerja mahasiswa Universitas swasta Islam di Yogyakarta (r
= 0.590; p < 0.05). Hal ini berarti semakin bermakna pembelajaran yang didapatkan
saat berkuliah maka semakin tinggi kesiapan kerja yang dimiliki oleh mahasiswa.
Peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian dengan menambahkan
variabel independen lain ataupun variabel moderator seperti tipe kepribadian,
pengalaman magang, serta variabel psikologis seperti motivasi.
Collections
- Psychology [2185]