Pengembangan Sumber Belajar Novel “Rahasia Negeri Heksagon” pada Materi Sistem Periodik Unsur Untuk SMA/Sederajat
Abstract
Fokus utama pada penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengembangkan dan
menilai kelayakan sumber belajar novel “Rahasia Negeri Heksagon” pada materi
sistem periodik unsur untuk SMA/sederajat. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian pengembangan dengan menerapkan model 4-D (Four-D), di mana
hanya dilakukan tiga tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan
(design), dan tahap pengembangan (development). Digunakan instrumen berupa
analisis kebutuhan dan instrumen penilaian kelayakan produk, yang terlebih dahulu
divalidasi oleh dua orang validator. Tahap define, dilakukan (Front-end analysis)
bertujuan menganalisis permasalahan yang terjadi dan berbagai kebutuhan yang
guru butuhkan untuk menunjang proses pembelajaran, (learner analysis)bertujuan
menganalisis permasalahan yang terjadi dan berbagai kebutuhan yang peserta didik
butuhkan untuk menunjang proses pembelajaran, dan(concept analysis) bertujuan
untuk mengetahui konsep apa yang akan dikembangkan pada proses penelitian.
Ditunjukkan adanya persetujuan dari guru dan peserta didik terhadap adanya
pengembangan sumber belajar berupa novel yang dinyatakan berdasarkan hasil
analisis kebutuhan. Tahap design, produk yang akan dikembangkan berdasarkan
hasil analisis kebutuhan, mengalami pemilihan terlebih dahulu oleh peneliti (media
selection), kemudian dikaji format-format bahan ajar yang ada berdasarkan pada
pemilihan bentuk produk sebelumnya. Setelah itu, ditetapkan format bahan ajar
yang akan dikembangkan (format selection), sesuai dengan format yang dipilih,
kemudian dibuat rancangan awalnya (initial design). Tahap develop, produk yang
dikembangkabn telkah berhasil dibuat. Kemudian dinilai oleh ahli media dan ahli
materi (expert appraisal). Hasil penilaian kelayakan produk oleh dua ahli tersebut
menunjukkan bahwa novel dengan judul “Rahasia Negeri Heksagon” mencapai
kriteria sangat baik dengan skor rata-rata 40,5. Oleh karena itu, produk dianggap
layak diterapkan dalam pembelajaran.
Collections
- Chemistry Education [326]