Show simple item record

dc.contributor.authorRahmayuda, Harfat
dc.date.accessioned2024-03-07T02:26:51Z
dc.date.available2024-03-07T02:26:51Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48056
dc.description.abstractSimpang Jokteng Wetan merupakan simpang empat bersinyal yang memiliki lalu lintas padat pada jam puncaknya. Simpang Jokteng Wetan menghubungkan Jalan Brigjen Katamso pada lengan Utara, Jalan Kolonel Sugiyono pada lengan Timur, Jalan Parangtritis pada lengan Selatan, dan Jalan Mayjend Sutoyo pada lengan Barat. Tingginya arus lalu lintas pada Simpang Jokteng Wetan mengakibatkan simpang tersebut tidak dapat menampung volume kendaraan yang melintas dan mengakibatkan kemacetan, sehingga diperlukan analisis untuk mengetahui kinerja eksisting simpang serta solusi untuk mengatasi masalah kemacetan. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan survei dan didapatkan dari beberapa referensi dari instansi terkait. Metode survei dilakukan dengan pengambilan langsung data di lapangan dan menggunakan kamera CCTV untuk mendapatkan volume lalu lintas. Analisis simpang dilakukan untuk mendapatkan kinerja berupa tundaan dan tingkat pelayanan. Analisis kinerja Simpang Jokteng Wetan dilakukan dengan menggunakan MKJI 1997 dan menggunakan perangkat lunak VISSIM untuk memodelkan simpang dan kondisi lalu lintasnya serta memodelkan alternatif solusi. Alternatif solusi didapatkan dengan melakukan percobaan sehingga didapat beberapa alternatif solusi dan dipilih satu alternatif solusi terbaik. Pada kondisi eksisting Simpang Jokteng Wetan memiliki tingkat pelayanan F dengan tundaan simpang sebesar 1044,03 detik/smp. Untuk meningkatkan kinerja Simpang Jokteng Wetan dilakukan beberapa alternatif solusi berupa perubahan waktu siklus, manajemen lalu lintas, serta melakukan pelebaran geometrik. Alternatif solusi terbaik didapat dengan melakukan perubahan sistem lalu lintas menjadi satu arah pada lengan Selatan serta memperlebar jalur pada lengan lainnya. Tingkat pelayanan Simpang Jokteng Wetan dengan menerapkan alternatif solusi terbaik meningkat menjadi C dengan tundaan simpang sebesar 21,80 detik/kendaraan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectsimpang bersinyalen_US
dc.subjectkinerja simpangen_US
dc.subjectMKJI 1997en_US
dc.subjectVISSIMen_US
dc.titleEvaluasi dan Peningkatan Kinerja Simpang Bersinyal Jokteng Wetan (Performance Evaluation And Improvement Of Jokteng Wetan Signalized Intersection)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19511007


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record