Pengaruh Persepsi Kemudahan, Kepercayaan dan Risiko Penggunaan Mobile Banking Terhadap Perilaku Belanja Online
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi
kepercayaan dan persepsi risiko menggunakan mobile banking terhadap perilaku
belanja online. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 105 responden
yang ditentukan dengan beberapa kriteria tertentu. Teknik pengumpulan data dalam
penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para mahasiswa
Universitas Islam Indonesia Yogyakarta yang menggunakan mobile banking dan
melakukan belanja online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan Software SPSS Versi 27. Hasil penelitian dalam uji t menunjukkan bahwa
variabel persepsi kemudahan berpengaruh terhadap perilaku belanja online,
variabel persepsi kepercayaan tidak memiliki pengaruh terhadap perilaku belanja
online dan varibel risiko berpengaruh terhadap perilaku belanja online. Hasil uji f
menunjukkan bahwa persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan dan persepsi risiko
secara simultan berpengaruh terhadap perilaku belanja online. Varibel independen
berkontribusi mempengaruhi variabel dependen sebesar 41.%. Sedangkan sisanya
yakni 59% dipengaruhi oleh variabel luar lainnya yang tidak dimasukkan dalam
model penelitian.
Collections
- Islamic Economics [827]