Pengaruh Penggunaan Qris Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Generasi Z Perspektif Ekonomi Islam
Abstract
Bank Indonesia telah menerbitkan sebuah fasilitas bersekala pembayaran nasional
terintegrasi yaitu QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dengan tujuan
semua jenis transaksi pembayaran yang bersifat digital menjadi terfasilitasi dengan
baik. Dari data yang telah didapatkan setidaknya ada 28,75 juta pengguna QRIS di
Indonesia hingga 2022 dan melihat dari tujuan QRIS yaitu praktis dan memudahkan
transaksi memiliki persamaan dengan karakter generasi z. Tujuan utama pada
penelitian ini adalah untuk menganalisis niat penggunaan QRIS oleh Generasi Z
dan Pengaruhnya terhadap perilaku konsumsi makanan Perspektif ekonomi Islam.
Peneliti mengadopsi teori dari TPB atau Theory of Planned Behavior. Metode
penelitian ini bersifat kuantitatif dengan sampel 91 dari kalangan generasi z
mahasiswa ekonomi Islam Universitas Islam Indonesia yang merupakan pengguna
layanan aplikasi QRIS. Pengambilan data dilakukan dengan metode purposive
sampling dengan menyebarkan kuesioner dilakukan secara online menggunakan G-
From. Metode analisis data terdiri dari analisis normalitas data, uji asumsi klasik,
dan uji hipotesis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sikap terhadap perilaku,
norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku memiliki pengaruh simultan terhadap
niat penggunaan QRIS namun secara individual variabel sikap tidak berpengaruh
terhadap niat menggunakan QRIS serta penggunaan QRIS memiliki pengaruh
terhadap perilaku konsumsi makanan Perspektif ekonomi Islam.
Collections
- Islamic Economics [827]