Show simple item record

dc.contributor.authorPurwanto, Aris
dc.date.accessioned2024-03-06T04:26:42Z
dc.date.available2024-03-06T04:26:42Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48024
dc.description.abstractLatar belakang penelitian ini adalah pembelajaran yang membuat siswa menjadi jenuh, maka dapat menurunkan kualitas dan efektifitas pembelajaran yang ada di madrasah. MTs Irsyadul Anam menerapkan pembelajaran aqidah akhlak dengan pembelajaran Students Centered Learning yang bertujuan untuk meningkatan kemampuan siswa kelas vii dalam memahami pembelajaran aqidah akhlak sehingga bisa menghasilkan nilai yang baik. Penerapan yang dilakukan saat guru memulai pelajaran dengan memberikan motivasi kepada siswa, kemudian siswa yang mencari bahan ajar secara mandiri dan dilanjutkan dengan berdiskusi dengan siswa yang lainnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Objek penelitian yaitu implementasi pembelajaran students centered learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Irsyadul Anam yogyakarta. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan untuk teknis analisis data dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran student centered learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran akidah akhlak kelas VII di MTs Irsyadul Anam Yogyakarta dapat diterapkan dan memiliki efektivitas baik terhadap pembelajaran di kelas karena perpaduan dengan motivasi yang diberikan oleh guru. Faktor pendukung diantaranya sarana dan prasana yang memadahi, motivasi yang diberikan dari guru ke siswa, guru yang profesional dan berpengalaman, serta bisa mengetahui kondisi peserta didik dalam belajar. Faktor yang menghambat keberlangsungan penerapan metode pembelajran tersebut diantaranya fasilitas yang berdampingan dengan pembanguan madrasah yang mepengaruhi guru dan siswa dalam kegiatan belajar, waktu yang singkat, tidak semua siswa merespons dengan baik saat pembelajaran serta ada beberapa siswa yang menghiraukan guru.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectStudents Centered Learningen_US
dc.subjectAqidah Akhlaken_US
dc.subjectimplementasi Pembelajaranen_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Students Centered Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII di MTs Irsyadul Anam Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422118


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record