Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Promosi Digital, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Skincare pada Produk Somethinc di Yogyakarta
Abstract
Beredarnya skincare di Indonesia telah membuat para produsen untuk
memproduksi skincare, namun terdapat beberapa penjual yang mengimpor produk
skincare dari luar negeri yang dijual kembali di Indonesia dengan harga yang jauh
lebih murah jika dibandingkan dengan skincare lokal serta skincare tersebut tidak
memiliki kejelasan terhadap labelisasi halal sehingga ini dapat menyebabkan
keraguan bagi konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis
pengaruh labelisasi halal, harga, promosi digital dan citra merek terhadap
keputusan pembelian skincare pada produk Somethinc di Yogyakarta. Populasi
dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 UII, UIN Sunan Kalijaga, UNY
dan UPN Veteran Yogyakarta berusia 18-25 tahun, pernah melakukan 1 kali
pembelian skincare Somethinc, serta berjumlah 100 responden. Penelitian ini
menggunakan metode non probability sampling. Teknik analisis data yang
digunakan yaitu analisis regresi berganda. Dari hasil penelitian menggunakan uji
T (parsial) menunjukkan bahwa variabel labelisasi halal dan harga tidak
berpengaruh terhadap keputusan pembelian skincare pada produk Somethinc di
Yogyakarta. Sedangkan pada variabel promosi digital dan citra merek
berpengaruh terhadap keputusan pembelian skincare pada produk Somethinc di
Yogyakarta. Hasil penelitian menggunakan uji F (simultan) menunjukkan bahwa
antara variabel labelisasi halal, harga, promosi digital dan citra merek secara
simultan terdapat pengaruh terhadap keputusan pembelian skincare pada produk
Somethinc di Yogyakarta.
Collections
- Islamic Economics [827]