Show simple item record

dc.contributor.authorAndira, Beta Ayu
dc.date.accessioned2024-03-06T01:24:23Z
dc.date.available2024-03-06T01:24:23Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/48013
dc.description.abstractSalah satu hasil kemajuan teknologi berbasis komputer adalah multimedia. Multimedia memiliki peran dalam dunia pendidikan, Seperti dahulu pengajaran masih dilakukan melalui LKS yang cepat membuat siswa bosan dan sulit memahami materi. Selain itu, hanya sedikit guru yang menggunakan media teknologi sebagai alat pengajaran. Selain karena perangkat multimedia sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar di sekolah saat ini dan banyak digunakan sebagai alat pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran melalui penggunaan multimedia dapat memberikan siswa banyak informasi teknologi dan meningkatkan motivasi siswa di kelas, pengajaran menjadi lebih interaktif dan inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana guru menggunakan perangkat multimedia pada pelajaran akidah akhlak dan mendeskripsikan apa saja kelebihan dan kekurangan perangkat multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, penulis menggunakan beberapa metode yaitu Observasi, wawancara dan Studi Literatur. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa paparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik tertulis maupun lisan dari narasumber yang menjadi objek penelitian. Teknik analisis datanya melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Di mana dalam hal ini penulis menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Subyek penelitian kualitatif ini adalah siswa kelas VII–IX dan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak MTs N 9 Sleman. Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar peserta didik dapat meningkat ketika pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada mata pelajaran akidah akhlak saat menggunakan multimedia pada proses pembelajarannya. Hal tersebut dapat terlihat dari antusias peserta didik pada saat aktivitas belajar mengajar di ruang kelas, titik fokus peserta didik jauh lebih tinggi, kemauan peserta didik untuk mencatat hal – hal baru dan mudah memahami atau mencerna materi pembelajaran yang telah dipelajari. beberapa faktor yang menjadi kelemahan dan kelebihan multimedia. Selain menjadikan pembelajaran menjadi lebih menarik multimedia juga memiliki kekurangan Seperti halnya diperlukannya keahlian dalam menguasai multimedia untuk mengembangkan multimedia dan juga terkadang tidak selalu kompatibel.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectgadget multimediaen_US
dc.subjectkeyakinan moralen_US
dc.subjectmotivasi belajaren_US
dc.titlePenggunaan Perangkat Multimedia dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Mts N 9 Sleman Daerah Istimewa Yogyakartaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422068


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record