Penggunaan Perangkat Multimedia dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Mts N 9 Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta
Abstract
Salah satu hasil kemajuan teknologi berbasis komputer adalah multimedia.
Multimedia memiliki peran dalam dunia pendidikan, Seperti dahulu pengajaran
masih dilakukan melalui LKS yang cepat membuat siswa bosan dan sulit
memahami materi. Selain itu, hanya sedikit guru yang menggunakan media
teknologi sebagai alat pengajaran. Selain karena perangkat multimedia sangat
diperlukan dalam proses belajar mengajar di sekolah saat ini dan banyak
digunakan sebagai alat pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran melalui
penggunaan multimedia dapat memberikan siswa banyak informasi teknologi dan
meningkatkan motivasi siswa di kelas, pengajaran menjadi lebih interaktif dan
inovatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana guru
menggunakan perangkat multimedia pada pelajaran akidah akhlak dan
mendeskripsikan apa saja kelebihan dan kekurangan perangkat multimedia dalam
meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif, penulis menggunakan beberapa metode yaitu Observasi,
wawancara dan Studi Literatur. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan
analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa paparan data secara tertulis mengenai
data-data terkait, baik tertulis maupun lisan dari narasumber yang menjadi objek
penelitian. Teknik analisis datanya melalui kegiatan pengumpulan data, reduksi
data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Di mana dalam hal ini penulis
menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Subyek
penelitian kualitatif ini adalah siswa kelas VII–IX dan guru mata pelajaran Aqidah
Akhlak MTs N 9 Sleman.
Berdasarkan hasil penelitian motivasi belajar peserta didik dapat
meningkat ketika pembelajaran Pendidikan Agama Islam khususnya pada mata
pelajaran akidah akhlak saat menggunakan multimedia pada proses
pembelajarannya. Hal tersebut dapat terlihat dari antusias peserta didik pada saat
aktivitas belajar mengajar di ruang kelas, titik fokus peserta didik jauh lebih tinggi,
kemauan peserta didik untuk mencatat hal – hal baru dan mudah memahami atau
mencerna materi pembelajaran yang telah dipelajari. beberapa faktor yang
menjadi kelemahan dan kelebihan multimedia. Selain menjadikan pembelajaran
menjadi lebih menarik multimedia juga memiliki kekurangan Seperti halnya
diperlukannya keahlian dalam menguasai multimedia untuk mengembangkan
multimedia dan juga terkadang tidak selalu kompatibel.
Collections
- Islamic Education [863]