Re- Branding dan Re- Packaging Kemasan Produk Olahan Bakso Goreng Pipih (Basreng Pipih)
Abstract
Di era sekarang, ada banyak peluang bisnis berbagai macam makanan
di Indonesia terbilang potensial karena makanan adalah kebutuhan pokok. Salah
satu makanan yang dapat dinikmati dengan ringan adalah cemilan atau jajanan.
Dalam hal ini, jajanan dinilai lebih potensial untuk mendapatkan profit besar
dalam penjualannya. Hasil survei dan observasi yang penulis jalankan, dari
beberapa macam usaha camilan yang diminati konsumen penulis memilih untuk
memulai usaha bakso goreng (basreng). Alasan penulis memilih basreng karena
sebagian konsumen menyukai makanan atau camilan yang memiliki rasa pedas dan
asin hal ini di ketahui ketika penulis survei melalui instagram story. Untuk itu,
basreng menjadi pilihan penulis membuat bisnis rebranding olahan camilan bakso
goreng (basreng). Beberapa produk camilan yang telah dijual di Indonesia memiliki
cita rasa yang beragam, namun belum banyak melakukan perbaikan khususnya dari
segi kemasan. Branding dalam bentuk kemasan produk dinilai akan lebih
menarik perhatian konsumen dalam membeli produk. Dalam usaha perintisan
bisnis ini, kelompok penulis melakukan. perintisan bisnis, yaitu Chingu mil
Branding Produk Makanan Olahan Basreng (Bakso Goreng). Perintisan bisnis
dilakukan pada Juli
2023. Penjualan dilakukan melalui media sosial Instagram, marketplace Shopee.
Serta pengiriman langsung. Pada laporan ini penulis melaporkan beragam aspek dari
bisnis Basreng Chingu Mill yang meliputi aspek produksi, riset bahan baku dan
kemasan, spesifikasi produk, penentuan biaya produksi berkoordinasi dengan
bidang keuangan, manajemen stok berkoordinasi dengan bidang produksi dan
pengelolaan marketplace.
Collections
- Islamic Economics [826]