Manajemen Produksi Keripik Tempe Ubaey Ditinjau dari Perspektif Bisnis Islam
Abstract
Aspek manajemen menjadi pedoman guna menjalankan kegiatan usaha. Walau
hanya usaha kecil dan menengah pelaku UKM perlu melakukan manajemen usaha
agar dapat melakukan prinsip manajemen dengan baik sehingga dapat
mengevaluasi serta mengetahui perkembangan usaha yang dibangunnya. Dalam
menjalankan usaha perlu dilakukan analisis SWOT guna mengetahui keunggulan,
kelemahan, peluang, serta kendala dalam persaingan usaha. Metode yang
digunakan pada Penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan menggunakan
pendekatan kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan memberikan
gambaran secara detail mengenai suatu kondisi maupun situasi yang timbul pada
objek penelitian. Adapun lokasi penelitian di Keripik Tempe Ubaey yang berada di
Desa Binong, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang. Manajemen produksi pada
Keripik Tempe Ubaey sudah berjalan dengan baik, mulai dari perencanaan ide
pembuatan keripik tempe, modal yang ada, proses produksi sampai dengan
pemasaran produk, Namun pada pengorganisasian masih belum berjalan dengan
baik dikarenakan adanya perangkapan tugas yang dilakukan oleh pemiliknya
sendiri. Manajemen produksi yang dilakukan pada Keripik Tempe Ubaey sudah
sesuai dengan yang ada pada bisnis islam. Bagi pemilik Keripik Tempe Ubaey agar
dapat menangkap peluang yang ada guna memperluas jaringan pemasaran produk,
mengikuti pelatihan untuk perbaikan berkelanjutan, menciptakan inovasi baru pada
produk, serta melakukan perbaikan pada sistem perekrutan karyawan.
Collections
- Islamic Economics [826]