Show simple item record

dc.contributor.authorHandoko, Thalia Maharani Nur
dc.date.accessioned2024-03-04T10:52:11Z
dc.date.available2024-03-04T10:52:11Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47953
dc.description.abstractCerita rakyat memiliki peran yang penting dalam perkembangan anak-anak karena memperkenalkan nilai-nilai moral dan etika yang dapat membentuk karakter anak serta memperkenalkan budaya dan tradisi bangsa Indonesia. Namun, cerita rakyat saat ini kurang diminati karena penyajiannya kurang menarik bagi anak-anak usia dini. Perancangan aplikasi buku cerita yang mudah digunakan oleh anak-anak diharapkan meningkatkan ketertarikan anak-anak membaca cerita rakyat. Sehingga diperlukan rancangan user experience yang baik untuk aplikasi buku cerita rakyat. Metode yang digunakan dalam pengembangan user experience DSOLNDVLEXNXFHULWDUDN\DW3&HULD6WRU\ ́DGDODKPHWRGHdesign thinking. Terdapat lima tahapan yang dilakukan dalam metode ini yaitu, empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Prototype yang dihasilkan menjawab empat permasalahan utama yang didapat dari tahap empathize, define, dan ideate. Cerita yang dijadikan sebagai studi kasus aplikasi ini adalah cerita rakyat Malin Kundang karena merupakan salah satu cerita rakyat populer dengan pesan moral yang cocok untuk anak-anak. Perancangan aplikasi buku cerita rakyat ini mengalami dua kali iterasi. Hasil pengujian mengalami peningkatan secara konsisten pada setiap iterasi. Pada pengujian pertama, tingkat kepuasan berada dalam kategori "GOOD," yang kemudian meningkat menjadi "EXCELLENT" pada pengujian ketiga. Sehingga dapat GLVLPSXONDQEDKZDDSOLNDVLEXNXFHULWD UDN\DW3&HULD6WRU\ ́\DQJ GLUDQFDQJPHQJJXQDNDQ metode design thinking telah dibuat mudah digunakan oleh anak-anak untuk meningkatkan ketertarikan mereka terhadap cerita rakyat Indonesia.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectUser Experienceen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.subjectCerita Rakyaten_US
dc.subjectDesign Thinkingen_US
dc.subjectMalin Kundangen_US
dc.titlePerancangan User Experience Aplikasi Buku Cerita Rakyat dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus Cerita Malin Kundang)en_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523022


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record