Pengaruh Tadarus Al-qur’an Setiap Pagi dan Kecerdasan Spiritual (Sq) Terhadap Ketenangan Jiwa pada Anak Kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman
Abstract
PENGARUH TADARUS AL-QUR’AN SETIAP PAGI DAN KECERDASAN
SPIRITUAL (SQ) TERHADAP KETENANGAN JIWA PADA ANAK
KELAS VIII MTS NEGERI 6 SLEMAN
Oleh:
Naufal Aufa Oktriana
Akhir-akhir ini kesehatan mental menjadi persoalan yang serius, di tengah
banjirnya informasi yang belum siap mereka terima, membuat mereka mengalami
krisis identitas yang berpusat pada krisis moral dan nilai spiritualitas. Tentunya
dengan melihat kondisi tersebut harus ada kegiatan atau pengawasan yang mampu
memberikan pemahaman agar dapat membentuk kebiasaan yang positif. Seperti
dengan melakukan kegiatan Tadarus Al-Qur’an. Oleh karenanya tujuan dari
penelitian ini adalah untuk dapat melihat apakah terdapat pengaruh yang positif dari
kegiatan tadarus Al-Qur’an dan Kecerdasan Spiritual terhdap Ketenangan Jiwa
pada anak kelas VIII MTsN 6 Sleman.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan
teknik pengumpulan data berupa angket (skala). Subyek dalam penelitian ini adalah
siswa kelas VIII MTsN 6 sleman yang berjumlah 150, Lalu teknik analisis data
yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas dan reliabilitas, analisis
regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS (Statistical Products Service
Solution) versi 24.0 for windows.
Hasil analisis data menemukan bahwa terdapat pengaruh positif dengan
nilai koefisien regresi Rx1y= 0,459 dengan p = 0,000 (p < 0,05). Nilai tersebut
menegaskan adanya pengaruh yang siginifikan terhadap Ketenangan Jiwa,
Selanjutnya nilai koefisien regresi Rx2y = 0,567 dengan p = 0,000 (p < 0,05).
Kemudian pengaruh secara bersama-sama antara variabel Tadarus Al-Qur’an dan
Kecerdasan Spiritual Terhadap Ketenangan Jiwa dengan nilai F=29,093 dan
p=0,000 (p < 0,01).
Collections
- Islamic Education [862]