Perancangan User Interface & User Experience pada Website Besurek Coffee dengan Metode Design Thinking
Abstract
Besurek Coffee adalah sebuah startup yang berfokus pada penjualan kopi dari berbagai
daerah di Provinsi Bengkulu. Besurek Coffee menggunakan Lean Canvas untuk merumuskan
ide dan mendokumentasikannya, sehingga dapat mengidentifikasi target pasar dengan lebih
baik. Tujuannya adalah memberikan kemudahan dan efisiensi kepada pengguna dan
pelanggan, sehingga dapat menghemat biaya. Terdapat Sembilan komponen dalam Lean
Canvas yaitu problem, customer segments, solution, channels, revenue stream, cost structure,
key metrics, unfair advantage.
Pengalaman Pengguna (User Experience) menjadi unsur kunci dalam perancangan mulai
dari pengembangan hingga desain antarmuka pengguna (User Interface). Penelitian ini
menjelaskan penerapan metode Design Thinking dalam merancang UI/UX. Terdapat lima
tahapan dalam menggunakan metode Design Thinking, yakni memahami (empathy),
mendefinisikan (define), menghasilkan ide (ideate), membuat prototipe (prototype), dan
pengujian (testing). Dengan menerapkan metode Design Thinking dalam pengembangan
website terciptanya website Besurek Coffee yang sesuai dengan pengalaman, preferensi, serta
kebutuhan pengguna.
Collections
- Informatics Engineering [2148]