Show simple item record

dc.contributor.authorHasibuan, Muhammad Sulthoni
dc.date.accessioned2024-03-01T06:59:05Z
dc.date.available2024-03-01T06:59:05Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47877
dc.description.abstractPesatnya pertumbuhan bisnis retail berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat. Bisnis retail mempunyai potensi keuntungan yang tinggi di daerah yang mempunyai penduduk besar membuat alokasi produk di ruang rak display adalah permasalahan yang dapat diteliti lebih lanjut, apabila manajemen alokasi produk efisien maka mampu meningkatkan kepuasaan pada pelanggan yang mampu menambah penjualan dan keuntungan. Ketidakteraturan dalam tata letak dan penyusunan ruang rak di toko dapat menyulitkan pelanggan dalam mencari barang yang mereka cari. Jumlah produk, planogram, penempatan rak, atau tingkat stok dapat mempengaruhi persepsi tentang toko. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada penumpukan barang yang berada di dalam gudang dan rak, Mengetahui barang yang fast moving average dan slow moving average, Mengetahui permasalahan terkait jumlah facing dari item produk yang ada di supermarket. Objek penelitian ini adalah data transaksi penjualan pada serba ada square yang menjual barang-barang sandang, pangan dan papan. Pengolahan Data Penelitian ini melakukan pengolahan data berdasarkan proses KDD (Knowledge Discovery in Database). Hasil pengolahan data pada Subkategori menghasilkan 49 asosiasi antar sub kategori. Pada pengolahan data untuk menemukan asosiasi item produk, data yang digunakan diperoleh dari asosiasi antar sub kategori dengan nilai support 10% dan confidence 30%. Rekomendasi yang dapat diberikan berupa mengoptimalkan dari penggunaan rak dari kategori-kategori yang berasosiasi dan penggoptimalan dari item-item produk yang berasosiasi seperti Sq chunky bar almond 100gr, Kg malkist abon sapi 145 gr, Nabati cheese wafer 145gr, Good time choco cookies 80 gr.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectFacingen_US
dc.subjectMultilevel Association Ruleen_US
dc.subjectSupermarketen_US
dc.subjectItemen_US
dc.titlePengalokasian Jumlah Facing dari Item Produk dan Redesign Tata Letak di Supermarket “Serba Ada Square” Menggunakan Multilevel Association Ruleen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19522391


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record