Pengalokasian Jumlah Facing dari Item Produk dan Redesign Tata Letak di Supermarket “Serba Ada Square” Menggunakan Multilevel Association Rule
Abstract
Pesatnya pertumbuhan bisnis retail berdampak pada peningkatan perekonomian
masyarakat. Bisnis retail mempunyai potensi keuntungan yang tinggi di daerah yang
mempunyai penduduk besar membuat alokasi produk di ruang rak display adalah
permasalahan yang dapat diteliti lebih lanjut, apabila manajemen alokasi produk efisien
maka mampu meningkatkan kepuasaan pada pelanggan yang mampu menambah
penjualan dan keuntungan. Ketidakteraturan dalam tata letak dan penyusunan ruang rak
di toko dapat menyulitkan pelanggan dalam mencari barang yang mereka cari. Jumlah
produk, planogram, penempatan rak, atau tingkat stok dapat mempengaruhi persepsi
tentang toko. Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada penumpukan barang yang
berada di dalam gudang dan rak, Mengetahui barang yang fast moving average dan slow
moving average, Mengetahui permasalahan terkait jumlah facing dari item produk yang
ada di supermarket. Objek penelitian ini adalah data transaksi penjualan pada serba ada
square yang menjual barang-barang sandang, pangan dan papan. Pengolahan Data
Penelitian ini melakukan pengolahan data berdasarkan proses KDD (Knowledge
Discovery in Database). Hasil pengolahan data pada Subkategori menghasilkan 49
asosiasi antar sub kategori. Pada pengolahan data untuk menemukan asosiasi item
produk, data yang digunakan diperoleh dari asosiasi antar sub kategori dengan nilai
support 10% dan confidence 30%. Rekomendasi yang dapat diberikan berupa
mengoptimalkan dari penggunaan rak dari kategori-kategori yang berasosiasi dan
penggoptimalan dari item-item produk yang berasosiasi seperti Sq chunky bar almond
100gr, Kg malkist abon sapi 145 gr, Nabati cheese wafer 145gr, Good time choco cookies
80 gr.
Collections
- Industrial Engineering [2227]