Show simple item record

dc.contributor.authorIqbal
dc.date.accessioned2024-02-29T01:46:59Z
dc.date.available2024-02-29T01:46:59Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47790
dc.description.abstractKondisi lapis perkerasan harus berkualitas guna memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Akan tetapi kondisi perkerasaan saat ini sering tidak sesuai dengan umur rencana selama masa pelayanan dan mengalami kerusakan, sehingga perlu adanya campuran perkerasan yang memiliki stabilitas dan durabilitas yang tinggi, tahan terhadap cuaca panas dan oksidasi, serta aman bagi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh penambahan serbuk ban karet dan metode pencampuran terhadap kinerja campuran Hot Rolled Sheet – Wearing Course (HRS-WC). Pada penelitian ini dilakukan beberapa tahapan pengujian laboratorium. Tahap pertama yaitu pengujian sifat fisik material agregat dan aspal. Tahap kedua menentukan nilai kadar aspal optimum pada campuran HRS-WC dengan variasi kadar aspal sebesar 6%, 6,5%, 7%, 7,5% dan 8%. Tahap selanjutnya dilakukan beberapa pengujian karakteristik diantaranya Marshall, Index Retained Strenght (IRS), Indirect Tensile Strenght (ITS), Tensile Strenght Ratio (TSR), Cantabro Loss (CL), dan Asphalt Flow Down (AFD) dengan penambahan serbuk ban karet sebesar 0%, 2%, 4% dan 6% dengan menggunakan metode pencampuran konvensional dan bertahap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa campuran HRS-WC dengan penambahan serbuk ban karet mampu memperbaiki karakteristik Marshall pada sifat volumetriknya. Sedangkan pada sifat mekanisnya dengan penambahan serbuk ban karet sebesar 2% mampu memperbaiki kinerja stabilitas. Pada karakteristik ITS dengan penambahan serbuk ban karet 2% dan 4% mampu memperbaiki kinerja campuran, sedangkan pada karakteristik TSR hanya pada kadar penambahan 2% saja. Karakteristik IRS, CL, Smix, dan AFD dengan penambahan serbuk ban karet mampu memperbaiki kinerja campuran. Penggunaan metode pencampuran bertahap menghasilkan kinerja yang lebih baik dibandingkan dengan metode pencampuran konvensional. Secara umum penambahan serbuk ban karet dan metode pencampuran bertahap lebih efektif meningkatkan kinerja campuran HRS-WC.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectEksperimentalen_US
dc.subjectHRS-WCen_US
dc.subjectMetode Pencampuranen_US
dc.subjectMarshallen_US
dc.subjectSerbuk Ban Kareten_US
dc.titlePengaruh Penambahan Serbuk Ban Karet terhadap Karakteristik Campuran Hot Rolled Sheet dengan Metode Pencampuran Konvensional dan Bertahapen_US
dc.title.alternativeThe Effect of Adding Rubber Tire Powder on The Characteristics of Hot Rolled Sheet Using Conventional and Sequential Mixing Methoden_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM20914026


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record