Pengaruh Penambahan Serbuk Ban Karet terhadap Karakteristik Campuran Hot Rolled Sheet dengan Metode Pencampuran Konvensional dan Bertahap
Abstract
Kondisi lapis perkerasan harus berkualitas guna memberikan keamanan
dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Akan tetapi kondisi perkerasaan saat ini
sering tidak sesuai dengan umur rencana selama masa pelayanan dan mengalami
kerusakan, sehingga perlu adanya campuran perkerasan yang memiliki stabilitas
dan durabilitas yang tinggi, tahan terhadap cuaca panas dan oksidasi, serta aman
bagi lingkungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh
penambahan serbuk ban karet dan metode pencampuran terhadap kinerja
campuran Hot Rolled Sheet – Wearing Course (HRS-WC).
Pada penelitian ini dilakukan beberapa tahapan pengujian laboratorium.
Tahap pertama yaitu pengujian sifat fisik material agregat dan aspal. Tahap kedua
menentukan nilai kadar aspal optimum pada campuran HRS-WC dengan variasi
kadar aspal sebesar 6%, 6,5%, 7%, 7,5% dan 8%. Tahap selanjutnya dilakukan
beberapa pengujian karakteristik diantaranya Marshall, Index Retained Strenght
(IRS), Indirect Tensile Strenght (ITS), Tensile Strenght Ratio (TSR), Cantabro
Loss (CL), dan Asphalt Flow Down (AFD) dengan penambahan serbuk ban karet
sebesar 0%, 2%, 4% dan 6% dengan menggunakan metode pencampuran
konvensional dan bertahap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa campuran HRS-WC dengan
penambahan serbuk ban karet mampu memperbaiki karakteristik Marshall pada
sifat volumetriknya. Sedangkan pada sifat mekanisnya dengan penambahan
serbuk ban karet sebesar 2% mampu memperbaiki kinerja stabilitas. Pada
karakteristik ITS dengan penambahan serbuk ban karet 2% dan 4% mampu
memperbaiki kinerja campuran, sedangkan pada karakteristik TSR hanya pada
kadar penambahan 2% saja. Karakteristik IRS, CL, Smix, dan AFD dengan
penambahan serbuk ban karet mampu memperbaiki kinerja campuran.
Penggunaan metode pencampuran bertahap menghasilkan kinerja yang lebih baik
dibandingkan dengan metode pencampuran konvensional. Secara umum
penambahan serbuk ban karet dan metode pencampuran bertahap lebih efektif
meningkatkan kinerja campuran HRS-WC.
Collections
- Civil Engineering [4205]