Pengaruh Lokasi, Harga, Kepuasan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada Guest House Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini secara umum untuk mengetahui apakah adanya pengaruh dari
variabel-variabel Lokasi, Harga, Kepuasan dan Kualitas Pelayanan terhadap
loyalitas pelanggan pada Guest House di Yogyakarta. Secara khusus, penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari lokasi terhadap loyalitas pelanggan,
pengaruh dari lokasi terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh harga terhadap
loyalitas pelanggan, pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh
kepuasan terhadap loyalitas pelanggan, pengaruh kualitas pelayanan terhadap
kepuasan pelanggan dan pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas
pelanggan. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner. Jumlah
sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 260 responden. Teknik
pengambilan sampel menggunakan metode non-probability sampling yang
dilakukan secara convenience sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif
deskriptif dan analisis SEM menggunakan AMOS 25.0. Hasil penelitian ini
menunjukan bahwa Lokasi, Harga, Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan pelanggan dan Lokasi, Harga, Kualitas pelayanan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan pada Guest House
Yogyakarta.