Penggunaan Theory of Planned Behavior terhadap Minat Beli Pengunjung (Studi Kasus : Kopi Klotok Yogyakarta)
Abstract
Liburan yang bertujuan untuk mencari makan dan minum serta memperoleh
pengalaman yang berkesan disebut dengan wisata kuliner. Warung Kopi Klotok Pakem
adalah salah satu perusahaan dalam bidang kuliner di Yogyakarta yang menyajikan
menu utama kopi klotok, menyediakan juga menu makanan tradisional dengan
bangunannya yang kuno dan sederhana menjadi daya tarik tersendiri bagi para
pengunjung. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis minat beli pengunjung
Kopi Klotok yogyakarta dengan menggunakan Theory Of Planned Behaviour. Responden
dalam penelitian ini terdiri dari 75 orang yang pernah berkunjung ke kopi klotok.
Responden diwawancarai untuk tujuan penelitian ini, dan kuesioner digunakan sebagai
alat pengumpulan data. Metode analisis data yang digunakan adalah Structural Equation
Modelling – Partial Least Square (SEM-PLS) dengan menggunakan aplikasi SmartPLS 3.0.
Hasil analisis data menunjukan bahwa variabel yang berpengaruh signifikan terhadap
minat beli pengunjung Kopi Klotok Yogyakarta yaitu variabel sikap, norma subjektif,
dan persepsi kontrol perilaku. Rekomendasi berikut dapat dibuat dalam penelitian ini
berdasarkan temuan penelitian yaitu perusahaan dapat mengembangkan dan
meningkatkan kinerja supaya memberikan daya tarik minat beli para pengunjung kopi
klotok yogyakarta.
Collections
- Economics [2165]