Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok Terhadap Fear of Missing Out Pada Mahasiswa
Abstract
Media sosial Tiktok merupakan salah satu produk kemajuan teknologi yang banyak
diminati oleh semua kalangan, termasuk mahasiswa. Namun, penggunaan TikTok
berlebihan bisa berakibat buruk terhadap mahasiswa. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas
penggunaan media sosial TikTok terhadap fear of missing out pada mahasiswa.
Subjek penelitian ini berjumlah 309 mahasiswa, dengan jenis kelamin laki-laki dan
perempuan, dengan rentang usia 18-25 tahun. Teknik pengambilan sampel pada
penelitian ini menggunakan teknik non-probability sampling, yaitu purposive
sampling. Penelitian menggunakan skala online fear of missing out (On-FoMO)
milik Sette dkk. (2019) dan skala intensitas penggunaan media sosial milik Ellison
dkk. (2007). Data dikumpulkan melalui survei online dan dianalisis menggunakan
teknik pengujian analisis statistik regresi linear sederhana pada aplikasi Jamovi
versi 2.3.12. Hasil dari penelitian ini menunjukkan ada pengaruh antara intensitas
penggunaan media sosial TikTok terhadap fear of missing out semakin tinggi
tingkat intensitas penggunaan media sosial TikTok maka semakin tinggi tingkat
fear of missing out yang dialami mahasiswa.
Collections
- Psychology [2177]