Show simple item record

dc.contributor.authorFaizah, Atika
dc.date.accessioned2024-02-07T04:25:16Z
dc.date.available2024-02-07T04:25:16Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/47414
dc.description.abstractSaat ini belum ada aplikasi yang dapat membantu pendamping anak autis dalam memenuhi kebutuhannya. Serta sulitnya orang tua yang memiliki anak autis dan tinggal jauh dari perkotaan untuk mendapatkan informasi mengenai layanan tumbuh kembang untuk anak. Dibutuhkan kemudahan akses dalam melakukan skrining tumbuh kembang pada anak, kemudahan layanan kesehatan tumbuh kembang anak, metode pembelajaran yang sesuai diterapkan pada anak autis, dan kemudahan mencari media pembelajaran yang sesuai bagi anak autis. Informasi lainnya yang ingin didapatkan seperti pengetahuan segala kebutuhan bagi anak autis dan edukasi eksternal yang dapat menunjang pembelajaran di tempat pendidikan formal. Berdasarkan masalah yang telah diuraikan, penelitian bertujuan untuk merancang prototype aplikasi berbasis mobile yang dapat membantu pendamping dalam memenuhi kebutuhan anak autis dan mengetahui tingkat usability dari prototype yang telah dirancang. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan Participatory Design. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada stakeholder terkait dengan anak autis. Usability testing dilakukan dengan teknik performance measurement untuk mendapatkan nilai efektivitas dan efisiensi. Sedangkan kuesioner QUIS (Questionnaire User Interface Satisfaction) digunakan untuk memperoleh nilai kepuasan pengguna. Hasil usability testing diperoleh nilai efektifitas berdasarkan kesuksesan adalah 100% dan berdasarkan rata-rata kesalahan adalah 1 kesalahan pada setiap task. Nilai efisiensi yang dihasilkan yaitu rata-rata menyelesaikan selama 83,74 detik. Kemudian berdasarkan penilaian kepuasan pengguna, seluruh variabel aman atau menunjukkan kepuasan karena nilai rata-rata berada di atas nilai 4,5. Berdasarkan nilai efektivitas, efisiensi, dan kepuasan perancangan prototype aplikasi ASDCare telah memenuhi 3 aspek usability menurut ISO 9241-11: 2018.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMobile Applicationen_US
dc.subjectPendamping Anak Autisen_US
dc.subjectPrototypeen_US
dc.subjectParticipatoryen_US
dc.subjectDesignen_US
dc.titlePerancangan Prototype Aplikasi Untuk Pendamping Anak Penyandang Autisme dengan Pendekatan Participatory Designen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19522208


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record