Perancangan Prototype Aplikasi Untuk Pendamping Anak Penyandang Autisme dengan Pendekatan Participatory Design
Abstract
Saat ini belum ada aplikasi yang dapat membantu pendamping anak autis dalam memenuhi
kebutuhannya. Serta sulitnya orang tua yang memiliki anak autis dan tinggal jauh dari
perkotaan untuk mendapatkan informasi mengenai layanan tumbuh kembang untuk anak.
Dibutuhkan kemudahan akses dalam melakukan skrining tumbuh kembang pada anak,
kemudahan layanan kesehatan tumbuh kembang anak, metode pembelajaran yang sesuai
diterapkan pada anak autis, dan kemudahan mencari media pembelajaran yang sesuai bagi
anak autis. Informasi lainnya yang ingin didapatkan seperti pengetahuan segala kebutuhan
bagi anak autis dan edukasi eksternal yang dapat menunjang pembelajaran di tempat
pendidikan formal. Berdasarkan masalah yang telah diuraikan, penelitian bertujuan untuk
merancang prototype aplikasi berbasis mobile yang dapat membantu pendamping dalam
memenuhi kebutuhan anak autis dan mengetahui tingkat usability dari prototype yang telah
dirancang. Metode yang digunakan adalah dengan pendekatan Participatory Design. Proses
pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada stakeholder terkait dengan anak
autis. Usability testing dilakukan dengan teknik performance measurement untuk
mendapatkan nilai efektivitas dan efisiensi. Sedangkan kuesioner QUIS (Questionnaire
User Interface Satisfaction) digunakan untuk memperoleh nilai kepuasan pengguna. Hasil
usability testing diperoleh nilai efektifitas berdasarkan kesuksesan adalah 100% dan
berdasarkan rata-rata kesalahan adalah 1 kesalahan pada setiap task. Nilai efisiensi yang
dihasilkan yaitu rata-rata menyelesaikan selama 83,74 detik. Kemudian berdasarkan
penilaian kepuasan pengguna, seluruh variabel aman atau menunjukkan kepuasan karena
nilai rata-rata berada di atas nilai 4,5. Berdasarkan nilai efektivitas, efisiensi, dan kepuasan
perancangan prototype aplikasi ASDCare telah memenuhi 3 aspek usability menurut ISO
9241-11: 2018.
Collections
- Industrial Engineering [2231]