Perancangan Media Pemasaran Pada Brand Skincare Lokal menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus Avoskin)
Abstract
Salah satu faktor pendorong pertumbuhan ekonomi adalah dengan meningkatkan
pendapatan ekonomi dalam negeri dengan melakukan jual beli produk lokal. Salah satu
produk lokal atau produk dalam negeri yang marak dijual belikan adalah produk
perawatan kulit (Skincare). Avoskin merupakan salah satu brand produk lokal yang
menjual Skincare dengan jumlah penjualan yang masih di bawah brand pesaing lainnya.
Hal ini dapat terjadi karena media pemasaran yang dilakukan oleh Avoskin. Oleh karena
itu, perlu adanya perbaikan media pemasaran agar penjualannya lebih baik. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk merancang media pemasaran menggunakan design thinking
dengan tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan test. Hasilnya adalah didapatkan
target pasar berdasarkan tiga tipe konsumen yaitu ibu rumah tangga, mahasiswa, dan
karyawan. Visualisasi yang diusulkan yaitu membuat prototype media pemasaran yang
terdiri dari tiga komponen. Komponen itu terdiri dari user interface, iklan poster, dan
iklan video (script). Dari hasil prototype tersebut dilakukan pengujian menggunakan
metode System Usability Scale (SUS). Hasilnya adalah mendapatkan rata-rata skor
sebesar 85.25. Nilai tersebut masuk ke dalam kategori grade A dengan rating excellent.
Hal ini menunjukkan bahwa prototype yang ditunjukkan kepada responden dapat
digunakan dengan baik dan mudah dipahami.
Collections
- Industrial Engineering [2245]