Perlindungan Hukum terhadap Konsumen atas Hilangnya Barang Bagasi di PT Kereta Api Indonesia
Abstract
Kereta api memprioritaskan keamanan barang dan penumpang yang sangat penting
untuk mencegah terjadinya kerugian dalam penyelenggaraan transportasi kereta
api. Tujuan dari penelitian ini mengkaji tentang perlindungan hukum dan tanggung
jawab oleh PT KAI terhadap konsumen atas hilangnya barang bagasi milik
konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama bagaimana
perlindungan hukum terhadap konsumen atas hilangnya barang bagasi di PT Kereta
Api Indonesia dan kedua bagaimana tanggung jawab hukum PT Kereta Api
Indonesia atas hilangnya barang bagasi milik konsumen. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan
pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan kasus (case
approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach). Hasil pembahasan
dari penelitian ini pengguna jasa belum mendapatkan perlindungan hukum
sepenuhnya karena dalam kasus kehilangan barang bagasi pengguna jasa tidak
mendapatkan ganti rugi dari PT KAI melainkan hanya meminta maaf dan
menangkap pelaku. Keterbatasan tanggung jawab PT KAI terhadap barang bagasi
yang hilang belum diatur secara rinci dalam undang-undang perkeretaapian.
Collections
- Law [2352]